Lebaran, Trafik Telkomsel di Gilimanuk Melonjak 380 %

Posted: September 4, 2012 in Economic, Technology
Tags: , , , , ,

Telkomsel mencatat peningkatan trafik layanan komunikasi yang signifikan di lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian pada periode periode Idulfitri 1433 Hijriyah yang lalu. Pada H-1 Lebaran, trafik layanan data Telkomsel di Pelabuhan Gilimanuk (Bali) melonjak 380 %, sementara di Pelabuhan Lembar (Lombok, NTB) meningkat 75 % dibandingkan trafik pada hari normal.

Di Bali, peningkatan trafik layanan juga terjadi di Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Padang Bai, Terminal Mengwi, dan wilayah Kuta. Di NTB, pusat keramaian yang menjadi hotspot peningkatan trafik layanan adalah Bandara Internasional Lombok, Pelabuhan Kayangan, dan Pelabuhan Pototano.

Tren peningkatan trafik layanan di periode Lebaran yang pada tahun-tahun sebelumnya didominasi layanan SMS, kini beralih ke layanan data. Pada Lebaran tahun ini, ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin” melalui aplikasi chatting dan media sosial seperti Facebook dan Twitter berkontribusi terhadap trafik layanan data di wilayah Bali Nusra sebesar 38,6 Tera Byte pada H-1 Lebaran atau meningkat 6 % dibandingkan trafik pada hari normal yang mencapai 36,4 Tera Byte.

Selain layanan data, peningkatan trafik layanan di pusat keramaian juga terjadi untuk layanan suara. Di Pelabuhan Gilimanuk, trafik layanan suara melonjak 140 %, sementara di Pelabuhan Lembar meningkat 51 % dibandingkan hari normal. Penambahan 9 BTS di wilayah Lombok Timur menjelang Lebaran turut berpengaruh terhadap peningkatan trafik layanan suara di wilayah yang tinggi tingkat utilisasi layanan komunikasinya tersebut hingga mencapai 100 % dibandingkan hari biasanya.

Head of ICT Network Management Telkomsel Regional Bali Nusra Ganot Sunoto mengungkapkan, berkat semua persiapan penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan yang Telkomsel lakukan, kebutuhan layanan data pelanggan Telkomsel di wilayah Bali Nusra pada periode Lebaran ini dapat terakomodasi dengan baik. “Begitu pula layanan SMS dan suara yang walaupun secara keseluruhan trafiknya sedikit menurun dibandingkan hari normal namun kualitasnya tetap terjaga dengan baik,” tandasnya.

Sebelumnya Telkomsel telah memastikan infrastruktur jaringan terjaga dengan baik dan berada dalam kondisi optimum untuk melayani masyarakat sepanjang musim mudik hingga arus balik Lebaran. Pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat dan pemantauan trafik layanan melalui perangkat supervisory and monitoring network performance (Superman) terus dilakukan. Bahkan Telkomsel juga mengerahkan compact mobile base transceiver (Combat) atau BTS bergerak di area Pelabuhan Gilimanuk untuk menambah kemampuan penanganan trafik layanan.

Ganot Sunoto (kanan) sedang melakukan pengecekan jaringan Telkomsel

 

“Kami tetap siaga mengamankan kualitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan pada periode Galungan di sebagian besar wilayah Bali pada akhir bulan Agustus ini. Kami terus berupaya menghadirkan kenyamanan berkomunikasi yang terbaik bagi pelanggan,” tambah Ganot.

Dari sisi layanan, Telkomsel juga mencatat peningkatan layanan isi ulang pulsa sekitar 19 % dibandingkan hari biasanya. Peningkatan ini dipicu tingginya pemanfaatan layanan isi ulang pulsa yang tersedia di lebih dari 1.000 OUTLETsiaga di sepanjang jalur mudik di Bali Nusra.

Pelanggan yang melakukan perjalanan balik setelah mudik masih dapat menikmati beragam layanan yang tersedia di POSKOsiaga hingga H+7 Lebaran yang digelar di enam titik di Bali Nusra, yakni Pelabuhan Gilimanuk, Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Lembar, Bandara Internasional Lombok, Terminal Mandalika, dan Bandara El Tari. Bersinergi dengan Telkom, Telkomsel juga menyediakan layanan akses Wi-Fi secara gratis di area terminal keberangkatan dan kedatangan Bandara Ngurah Rai. (wah)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s