Selama Lebaran Trafik Flexi Alami Kenaikan 23%

Posted: September 5, 2011 in Gadget
Tags: , , , , ,

Jaringan  PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (disingkat Telkom) sukses melayani pelanggan saat menjelang, selama dan setelah  Idul Fitri 1432 H tanpa mengalami gangguan yang berarti.

Untuk layanan fixed wireless access melalui  Telkom Flexi, terjadi peningkatan panggilan pada hari Lebaran yang mencapai 33 juta call per hari atau 46  juta menit, yang berarti mengalami kenaikan sebesar 23% dari hari biasanya. Sedangkan SMS pada hari lebaran mencapai 42 juta SMS, naik 25% dari hari biasa.

Operations Vice President Public Relations PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) Agina Siti Fatimah mengatakan, pengiriman ucapan hari raya cukup mendominasi trafik SMS, tetapi untuk tahun ini variasinya semakin beragam dengan memanfaatkan layanan berbasis data, seperti media sosial, instant messaging dan push e-mail.

Dijelaskan Agina, trafik packet data melalui layanan FlexiNet Unlimited pada tahun ini mengalami kenaikan sebesar 32% pada hari Lebaran yakni mencapai 16 terrabita. Pelanggan Flexi saat ini mencapai 18,5 juta pelanggan.

Hal yang agak berbeda terlihat pada layanan internet broadband Speedy. Memasuki cuti bersama, yakni periode 25 Agustus s.d 31 Agustus 2011 trafik Speedy justru terlihat menurun dan mencapai titik terendah pada hari H (31 Agustus 2011).

Trafik Speedy pada hari raya Idul Fitri tercatat 72.09 Gbps atau terjadi penurunan sebesar 46% dibanding sebelum Idul Fitri yang mencapai 134 Gbps dan berangsur naik pada 1 September 2011 seiring dengan kembalinya aktivitas sebagian besar masyarakat.

Dijelaskan Agina penurunan tersebut cukup wajar mengingat aktivitas sebagian besar pelanggan yang berjumlah 2,1 juta didominasi oleh persiapan mudik dan menyambut Lebaran.

Agina menegaskan, Telkom senantiasa memberikan yang terbaik kepada pelanggan, khususnya  pada hari-hari istimewa seperti Idul Fitri. Oleh karena itu pihaknya terus memantau perkembangan tersebut untuk memastikan tidak terganggunya layanan, baik pada segmen Flexi, Speedy, SLI maupun telepon rumah. (wah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s