Vaksinasi sebelum Kontak Seksual Cegah Kanker Serviks sejak Dini

Posted: August 19, 2011 in Health
Tags: , , ,

Dari sekian banyak jenis kanker pada wanita, penyebab kematian terbanyak adalah kanker serviks (kanker leher rahim). Namun, tersedianya sarana untuk deteksi dini (pap smear) dan pencegahan primernya dengan vaksinasi, seharusnya tidak ada lagi kanker serviks yang menyerang wanita. Kalaupun ada, bisa dideteksi pada stadium dini sehingga peluang untuk sembuh total masih dimungkinkan.
“Efek pencegahan terbaik adalah bila vaksin diberikan kepada remaja yang belum melakukan kontak seksual, meski pada umumnya semua wanita tetap lebih baik divaksin daripada tidak diberi perlindungan. Itu sebabnya POGI Cabang Denpasar melakukan edukasi dan sosialisasi ke sekolah-sekolah SMP dan SMA bahkan selanjutnya akan diteruskan sampai ke universitas,” ungkap Ketua POGI Cabang Denpasar dr. Made Suyasa Jaya, Sp.O.G.(K)
Untuk mendukung upaya ini, Wali Kota Denpasar dan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Denpasar menandatangani kesepakatan bersama Selasa (19/7). Kesepakatan ini berkaitan dengan komunikasi, informasi, dan edukasi tentang kesehatan reproduksi (kespro), infeksi menular seksual (IMS), HIV/AIDS, dan pencegahan kanker leher rahim.


Dokter Suyasa Jaya menambahkan kesepakatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja di SMP dan SMA tentang kespro, IMS, HIV/AIDS, dan kanker leher rahim. Kesepakatan bersama ini dilaksanakan SMP dan SMA yang ada di Denpasar dengan melibatkan anggota POGI Cabang Denpasar, Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga kota Denpasar dan Dewan Pendidikan kota Denpasar.
Untuk jangka panjang diharapkan adanya program vaksinasi untuk pencegahan kanker leher rahim. “Tahap awal, kami dari POGI Cabang Denpasar sudah turun ke SMP dan SMA untuk memberikan sosialisasi selama masa orientasi siswa. Beberapa sekolah memberi respons positif dan meminta POGI untuk datang lagi memberikan ceramah,” tandasnya.
Pemilihan sosialisasi untuk siswa SMP dan SMA ini didasarkan penelitian yang menyatakan kanker leher rahim bisa dicegah dengan vaksin yang disuntikkan sebelum remaja melakukan hubungan seksual. Jika hal ini bisa dilakukan, pria asal Bondalem, Buleleng ini yakin Denpasar bisa bebas kanker leher rahim tahun 2020.–wah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s