Amankan Bagasi Merah-Putih (Turni 2)

Posted: July 28, 2011 in Journey
Tags: , , , ,

DARI 20 peserta yang terpilih, ada tiga peserta yang tahun lalu sudah ikut tirtayatra. Mereka adalah Luh Putu Suparmi (pemenang kuis tirtayatra tahun 2010), I Wayan Nuada (suami Suparmi yang tahun lalu menjadi pendamping), dan Kompiang Ariati Pendit yang tahun lalu mendampingi suaminya. Ketiganya menjadi senior kami yang mau berbagi pengalaman tirtayatra.
Setelah pembekalan, kami bersembahyang untuk matur piuning di Pura Goa Gong di Jimbaran. Waktunya bertepatan dengan Purnama, 17 Mei 2011. Dalam kesempatan tersebut juga diperkenalkan I Made Raka Santeri sebagai perwakilan PHDI yang akan mendampingi peserta tirtayatra.
Rabu 25 Mei 2011, semua peserta kumpul di hotel Harris River View Kuta untuk prosesi pelepasan. Mereka yang berangkat 20 pemenang kuis, yakni Nuada,  Suparmi, Ariati Pendit, Ni Putu Sri Widiarini, I G.A. Wiratni, Nyoman Nyeneng Wiantara, I Nyoman Dana, I Ketut Sudiagus, I Gusti Ngurah Budi Paramartha, Made Udi Adnyana, Ni Made Sumbersari, Komang Edy Purnawan, I Nyoman Suartana, I Made Darma Sucita, Ni Wayan Maryani, I Gede Juliana, I Ketut Nugraha Swadharma, Anak Agung Manike, I Gusti Ngurah Agung Adi Wira Kesuma, dan  Wayan Budiarta. Selain itu ada pendamping dari Telkomsel Reka Hardian, pendamping dari PHDI Raka Santeri dan perwakilan karyawan Telkomsel yang beragama Hindu, Sri Kusworini Puspitosari, yang didampingi ayahnya, Suko Wiyoto. Dari SAT Tour ada Putu Ane Edi dan istrinya, Bu Ririn yang merangkap fotografer/petugas kamera.
Saat berlangsung Dharma Santi Telkomsel,  yang dihadiri Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, VP Telkomsel area Jawa-Bali Gilang Prasetya, dan GM SCS Telkomsel Bali-Nusra Syaiful Bachri sudah dilakukan pelepasan. Namun, pada hari H, kami mengikuti acara seremonial lagi yang dihadiri Dandi D. Tarigan selaku Manager Up Selling & Cross Selling dan Helmi Wahidi,  advisor bidang CRM Telkomsel.
Dalam laporannya Dandi menjelaskan apresiasi pelanggan Telkomsel yang beragama Hindu ini memilih konsep yang berbeda. Tahun sebelumnya, peserta menjawab kuis vis sms dan pemenangnya diundi. Tahun ini, pola diubah dengan sistem tukar poin, pilih NSP atau konten Hindu, membuat esai, dan wawancara. Tercatat 5415 peserta yang ikut dalam program ini.
Image

Dalam acara pelepasan yang dipandu Agung Wirasutha ini juga dilakukan pemasangan jaket dan topi kepada Pak Nuada sebagai pemenang tertua dan Pak Raka Santeri sebagai perwakilan PHDI. Selanjutnya peserta menuju bandara Ngurah Rai untuk berangkat menuju Bangkok. Kami menggunakan pesawat Thai Airways dengan nomor penerbangan TG. 432.
Pesawat mendarat dengan mulus di landasan bandara Suvarnabhumi, Bangkok setelah menempuh penerbangan empat jam. Hujan gerimis menyambut kedatangan kami di Negeri Gajah Putih. Bandara Suvarnabhumi termasuk bandara modern yang baru selesai direnovasi.
Satu hal yang membuat saya kagum adalah perlakuan otoritas bandara terhadap pengguna jasa. Tahun lalu, saat saya ke Bangkok bersama istri dan anak, tidak perlu antri di tempat imigrasi. Bagi penumpang lansia, ibu hamil, dan balita diberikan jalur khusus. Oleh karena anak saya umurnya 3 tahun ketika itu, kami bisa melenggang di jalur khusus.
Tetapi, kali ini saya harus bersabar untuk ikut dalam antrian. Untungnya semua tertib dan tidak ada saling serobot. Sesuai kesepakatan awal, siapa yang lolos duluan, bertugas untuk mengamankan bagasi yang sudah diberi tanda merah-putih. Setelah semua bagasi lengkap, kami keluar bandara menuju bus. Guide yang mendampingi rombongan selama di Bangkok, Alan. Dia, fasih berbahasa Indonesia. Kami pun bisa bertanya banyak hal tentang Thailand kepadanya dalam perjalanan menuju hotel. Malam itu, tidak ada agenda lain selain check in dan makan malam di hotel. Hujan juga membuat kami tidak bisa keluar hotel.
Kamis, 26 Mei 2011, perjalanan tirtayatra dimulai dengan rekreasi ke Buddha Reclining (patung Buddha tidur). Tempat ini bukan tempat patung Buddha terbesar tetapi menjadi yang terindah karena patung Buddha yang ada dilapisi emas murni. –wah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s