Eranya “Micro SIM Card”

Posted: April 14, 2011 in Gadget, Technology
Tags: , , ,

Micro SIM card

Kehadiran iPad dan iPhone4 memberi implikasi terhadap penggunaan micro SIM card. Ukuran SIM card yang standar 25 mm x 15 mm diperkecil menjadi 15 mm x 12 mm. Untuk mendapatkan micro SIM card ini, ada yang memotong card standar tetapi ada juga yang sudah mengeluarkan micro card.

SIM (Subscriber Identity Module) card adalah sebuah kartu pintar yang ditaruh di telepon genggam yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. SIM card harus digunakan dalam sistem GSM. SIM card menyimpan informasi yang berkaitan dengan jaringan yang digunakan untuk otentifikasi (authentication) dan identifikasi pengguna. Data yang paling penting adalah nomor identitas kartu (ICCID, Integrated Circuit Card ID), nomor pengguna internasional (IMSI, International Mobile Subscriber Identity), kunci authentikasi (Authentication Key), kode area (LAI, Local Area Identity), dan nomer panggilan darurat operator. SIM juga menyimpan nomor layanan pusat untuk SMS (SMSC, Short Message Service Center), nama penyedia layanan (SPN, Service Provider Name), dan lainnya. Awalnya SIM card memiliki ukuran sebesar kartu kredit. Lama kelamaan ukuran terus mengecil menjadi ukuran standar bahkan kini menjadi ukuran mikro. Jika sekarang kebanyakan ponsel menggunakan SIM card standar, bukan tidak mungkin nanti micro SIM card yang akan mendominasi. Kini era penggunaan micro SIM card sudah mulai dengan maraknya pengguna iPad dan iPhone4.

Belum lama ini XL meluncurkan micro SIM card yang bisa dipakai untuk iPad dan iPhone4. XL ingin menghadirkan kemudahan untuk mengakses layanan XL bagi pengguna iPad dan iPhone4. “Sekarang tidak perlu memotong sim card normal karena sudah ada yang siap pakai” kata Regional Sales Manager Mobile Data Service East Area XL Ari Sampurno.

Keunggulan yang ditawarkan micro SIM card adalah space memori penyimpanan yang lebih besar dan yang terpenting adalah konsep keamanan yang berbeda dari SIM card biasa. Masalah keamanan ini yang mendorong Apple menggunakan micro SIM Card.  Satu lagi, micro SIM card memiliki memori penyimpanan aplikasi yang lebih besar.—wah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s