Light On Tingkatkan Reaksi Pengemudi Lain

Posted: March 15, 2011 in Otomotive
Tags: , ,
Upaya mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas terus dilakukan polisi bersama instansi terkait. Kampanye safety riding pun terus digencarkan. Salah satu materinya, kewajiban pengendara sepeda motor untuk menyalakan lampu motor (light on) saat melintas di jalan raya.
Aturan mengenai light on sudah masuk dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dengan aturan ini, sepeda motor wajib menyalakan lampu baik pagi, siang, maupun sore saat berada di jalanan. Biasanya lampu motor hanya dinyalakan pada malam hari. Dengan aturan ini, lampu motor harus selalu hidup.
Sosialisasi sudah dilakukan pihak kepolisian dengan menempatkan spanduk dan baliho mengenai safety riding ini di tempat-tempat strategis. Bahkan polisi lalu-lintas kerap menggunakan tangannya untuk memberi kode bagi pengendara motor yang belum menyalakan lampu motor.
Light on memiliki tujuan meminimalkan terjadinya kecelakaan. Dengan menghidupkan lampu, dapat meningkatkan konsentrasi, reaksi pandang, antisipasi dan sikap pengemudi lain di jalan raya.
Aksi nyata sudah dilakukan jajaran Polda Bali. Mereka sudah menerapkan light on bagi sepeda motor milik anggota maupun PNS di Polda Bali. Caranya dengan mendatangkan mekanik untuk mengeset motor agar begitu kunci kontak dihidupkan, lampu langsung menyala.
Produsen motor tak ketinggalan. Suzuki menjadi perintis motor light on pertama di Indonesia dengan hadirnya Suzuki Axelo, Januari 2011. “Motor yang dirancang meneruskan kesuksesan Suzuki Shogun ini lampunya langsung menyala saat kunci kontak dihidupkan. Ini upaya nyata kami mendukung kampanye safety riding,” kata Cahaya Wirawan Hadi, Dirut PT Cahaya Surya Bali Indah, diler resmi Suzuki di Bali.

Oktuma Wibowo

Yamaha tak mau ketinggalan. Untuk motor keluaran tahun 2011, semua mengusung konsep light on. “Yamaha Jupiter Z keluaran Februari 2011 sudah mengaplikasikan teknologi light on,” ujar Oktuma Wibowo, Chief DDS PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Bali. –wah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s