Geliat Putra Perkanthi di Persepakbolaan Bali

Posted: March 15, 2011 in Sport
Tags: ,

Turnamen sepak bola Perkanthi III/2011 usai digelar. Padang Sumbu Putra (PSP) berhasil menjadi kampiun setelah mengalahkan Kundalini FC dengan skor 2-1. Prestasi tim asuhan Ida Bagus Mahayasa dan Wayan Mudita ini mengulang kesuksesan mereka dalam Piala Perkanthi II/2007. Tuan rumah Putra Perkanthi yang menurunkan tim A dan B harus puas hanya sampai di babak perempatfinal. Namun, itu tak mengurangi semangat anak-anak Jimbaran untuk terus bermain bola.

“Kami punya 50 anak-anak yang sudah terbina di klub. Dalam turnamen, kami berikan mereka kesempatan hingga jadilah dua tim. Turnamen Perkanthi III untuk U-23 plus 3 senior ini kami jadikan sarana untuk mengasah kemampuan anak-anak yang hobi bermain sepak bola,” ujar Nyoman Wartha, ketua panitia pelaksana turnamen yang juga ketua harian Putra Perkanthi.

Turnamen yang digelar 20 Januari-13 Februari 2011 ini memiliki tujuan menjaring bibit-bibit pesepak bola yang akan diterjunkan di Porprov. Bali. Selain itu, melalui turnamen ini diharapkan muncul bibit-bibit muda yang siap menjadi pemain professional di kemudian hari.

Menggali bibit pesepakbola dimulai dari anak-anak

Turnamen ini pertama kali diadakan tahun 2001. Ketika itu, tuan rumah menjadi kampiun, Turnamen kedua digelar tahun 2007 sedangkan turnamen ketiga tahun 2011 dengan  juara PSP. Soal loncatan tahun pelaksanaan, Wartha mengakui kendalanya pendanaan.

Ia menuturkan vakumnya kegiatan Persekaba sebagai induk sepak bola di kabupaten Badung membuat para pemain bola dan penggila bola miris. Pemain hanya latihan tanpa ada kompetisi atau turnamen, sedangkan penggila bola tidak mendapat kesempatkan menyaksikan pertandingan. Kegundahan hati ini lalu direalisasikan dengan menggelar turnamen dengan menghadirkan klub-klub sepak bola yang ada di Badung, Denpasar, dan Gianyar.

Nama Putra Perkanthi di kancah persepakbolaan Bali cukup disegani. Tahun 1990, mereka menjadi runner up Kejuaraan sepak bola antar klub se-Indonesia. Di babak final, yang digelar di lapangan Lebak Bulus, Jakarta, Sujata dkk dikalahkan PS Krida Rembang. Kekalahan ini mampu melecut semangat para pemain untuk terus mengembangkan kemampuan diri.

Karyawan hotel yang juga pelatih sepakbola di SMA 1 Kuta dan SMP 1 Kuta Selatan ini menambahkan minat anak-anak Jimbaran untuk bermain sepak bola cukup tinggi. Karena itu, Putra Perkanthi mulai melakukan pembinaan sejak dini dengan menyiapkan tim mulai U-10. “Kami ingin menghimpun anak-anak Jimbaran atau skuad lokal yang hobi bermain bola untuk dilatih dan diberikan teknik yang benar di sekolah sepak bola (SSB). Jika besar nanti, mereka bias menjadi pemain professional. Dulu orang tua tidak mengira kalau dengan bermain bola bias hidup mapan. Sekarang kondisi berubah. Dengan menjadi pemain bola professional, orang bias hidup berkecukupan,” ujar Ketua Asosiasi Sekolah Sepak Bola Badung yang sekretariatnya di kantor Putra Perkanthi ini.

Apa yang disampaikan Wartha bukan hanya omong kosong. Anak sulungnya, Gede Jeno Willyantara adalah bukti nyata. Pemain binaan Putra Perkanthi ini kini memperkuat Bali Devata di Liga Primer Indonesia (LPI). Prestasi Jeno ini diharapkan mampu menghadirkan Jeno-Jeno baru dari Jimbaran.

Agar anak-anak memiliki ajang untuk mengasah kemampuan, Asosiasi mengadakan turnamen kecil tiap bulan di tiap kecamatan. Setahun sekali diadakan turnamen akbar di lapangan Yoga Perkanthi yang lapangannya sudah standar nasional dan dilengkapi kamar ganti ber-AC.

Satu lagi impian Wartha adalah bangkitnya sepak bola Badung. Dulu, Persekaba sempat mencuat, namun belakangan meredup. “Saya sebenarnya masuk dalam kepengurusan yang diketuai Wakil Bupati Badung. Saya masuk tim pemandu bakat. Tetapi, sampai sekarang kami belum dilantik, padahal sudah ukur jas. Semoga prestasi sepak bola Badung khususnya dan Bali umumnya bias bersinar lagi,”  tegas pria yang mendapat dukungan keluarga dalam mengurus sepak bola ini. —wah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s