“APCHI-Ergofuture 2010”. Lompatan menuju Bali Pulau Ergonomi

Posted: December 11, 2010 in Ergonomic
Tags: , , , ,

Bali akan menjadi tuan rumah pelaksanaan  workshop dan konferensi pakar ergonomi dunia bertajuk “APCHI-Ergofuture 2010”. Kegiatan ini menjadi ajang untuk menunjukkan eksistensi Bali sekaligus mempromosikan Bali sebagai pulau ergonomi.

“Kegiatan ini bukan konferensi biasa tetapi ada workshop juga. Peserta bukan hanya pakar ergonomi dunia, tetapi melibatkan orang-orang yang memberi perhatian terhadap ergonomi. Kalau pakar yang buat makalah ergonomi itu sudah biasa. Tetapi, dalam “APCHI-Ergofuture 2010” ini, makalah dibuat oleh orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam bidang ergonomi dan sudah merasakan sendiri manfaat ergonomi. Ada rumah sakit, hotel, perusahaan keramik, dan media massa. Ini merupakan lompatan bagi orang-orang yang tertarik untuk menekuni ilmu ergonomi sekaligus menjadi pemacu  terwujudnya Bali sebagai pulau ergonomi,” ungkap Prof. Adnyana Manuaba, pakar ergonomi yang menjadi penanggungjawab kegiatan ini.

Ia menambahkan kegiatan ini merupakan gabungan dari konferensi Asia Pacific Computer Human Interaction (APCHI) dengan seminar Ergofuture. Bahkan rapat International Ergonomics Association (IEA) yang sedianya dilakukan di luar Indonesia pun ikut dipindahkan ke Bali. Ketua Hiperkes dunia, Dr. Kazutaka Kogi juga direncanakan hadir di acara yang berlangsung 2-6 Agustus 2010 di Sanur Paradise Plaza and Resort, Sanur ini.

“Bali ini memiliki modal untuk menjadi pulau ergonomi. Kita punya budaya yang dijadikan modal. Banyak wisatawan asing maupun domestik yang datang untuk menyaksikan budaya Bali. Konsep ergonomi bisa diterapkan agar wisatawan yang datang itu sehat, selamat (aman), nyaman, dan efisien. Keempat hal inilah yang menjadi basic ilmu ergonomi. Sejak tahun 1974, Bali sudah memiliki Hotel Hyatt, desa Pejaten (Tabanan), kantor Hiperkes Bali sebagai contoh kantor atau desa yang menerapkan konsep ergonomi. Belakangan ada juga desa Petiga (Tabanan). Belum lagi bidang pertanian dan tradisi lain yang menerapkan konsep ergonomi,” tandas Prof Adnyana.

Ia pun berharap konferensi ini menghasilan sesuatu yang bermanfaat bagi orang-orang yang berkiprah di bidang ergonomi khususnya dan masyarakat umumnya. Pembicara yang datang adalah pakar-pakar ergonomi yang bisa diajak berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman. Mereka bahkan datang dengan sukarela.

Ketua panitia “APCHI-Ergofuture 2010” Prof. dr. I Dewa Putu Sutjana, M.Erg., PFK., Sp.Erg. menambahkan kegiatan ini diselenggarakan Pusat Kajian Ergonomi Unuversitas Udayana (Unud) yang didukung Program Studi S2 dan S3 Ergonomi Unud, Bagian Fisiologi FK Unud, Bali Human Ecology Study Groups (Bali-HESG), Persatuan Ergonom Indonesia (PEI), ICOH, dan Institute Research Mutual Liberty, Amerika Serikat. Dari pihak pemerintah, Gubernur Bali, Walikota Denpasar, dan Bupati Badung juga turut memberikan dukungan.

“Hingga Jumat (2/7), sudah masuk 180 materi abstrak sedangkan paper 75. Peserta yang sudah memastikan hadir berasal dari 17 negara, yakni Taiwan, India, Jepang, Australia,  Korea, Filipina, Malaysia, Perancis, Amerika Serikat,Inggris, Thailand|,Kanada, Singapura, Bahrain, UEA, dan tuan rumah Indonesia. Selain seminar dan workshop yang berlangsung paralel, akan ada pameran serta kunjungan ke instansi atau daerah yang sudah menerapkan konsep ergonomi,” tandas Prof. Sutjana yang didampingi Sekretaris Panitia Drs. I Gusti Ngurah Ardana,M.Erg.

Untuk workshop, materi yang akan dibahas antara lain ergonomics and bussiness, Kaizen in industry, ergonomics guidelines and practical approaches, school ergonomics, dan cognitive task anaysis and human quality assurance. –wah

Prof. Adnyana Manuaba

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s